Apa itu Internet, Kegunaan dan Efek dari Penggunaan Internet?

Di jaman yang udah makin canggih kayak sekarang ini, siapa sih yang ga kenal sama yang nama nya internet? Semua orang mulai dari anak kecil, remaja sampai yang udah dewasa pasti pernah mendengar apa itu yang namanya internet. Internet sendiri berasal dari kata Interconnected Network yang berarti  hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Sekarang ini semua orang pasti selalu menggunakan internet buat bantu meringankan pekerjaan mereka misalnya mereka menggunakan internet  buat mencari informasi bisa mengenai pekerjaan, materi kuliah, tugas sekolah, mencari berita ter-update ataupun yang lainnya. Internet sendiri juga bisa mereka gunakan sesuai sama keinginan mereka kapanpun dan dimanapun asalkan gadget yang mereka punya bisa terhubung dengan koneksi internet.

Di kalangan remaja, internet lebih sering digunakan untuk mereka berkomunikasi di social media seperti facebook, twitter, path, instagram dan lainnya. Saat ini social media yang sedang digandrungi para remaja adalah twitter, twitter sendiri adalah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut tweet. Isi dari tweet orang yang satu sama yang lainnya pasti memiliki perbedaan, ada orang yang tweet untuk ngeluarin unek-unek yang ada didirinya, adanya yang cuma buat curhat dan sebagainya. Dengan twitter komunikasi kita dengan orang-orang yang jauh dari kita akan berasa lebih mudah, kita juga bisa mendapatkan dan bertukar informasi apapun dengan teman, kita juga bisa mendapatkan kenalan teman baru.

Internet pasti memiliki efek yang bisa ditimbulkan buat para penggunanya. Ada efek yang positif tapi ga sedikit juga efek negatifnya. Kalo diliat dari efek positif nya, internet bisa digunakan buat mempermudah para pekerja, anak sekolah dan juga mahasiswa buat  menyelesaikan tugas-tugas mereka lebih cepet karena informasi yang disediain sama internet sangat banyak dan sangat luas, selain itu dengan internet kita juga bisa lebih mudah buat berkomunikasi dengan orang lain yang memang berada jauh dari kita menggunakan social media seperti facebook, twitter, whatsapp dll. Internet juga bisa memudahkan kita buat dapetin informasi atau berita yang paling update tanpa harus bersusah susah membaca media cetak.

Sedangkan sisi negatif dari internet itu bisa bikin kita menjadi orang yang malas membaca buku karena kita lebih suka mencari informasi di google yang proses nya pasti emang lebih mudah dan cepat, selain itu proses interaksi sosial kita dengan orang lain juga akan semakin berkurang karena kita lebih asik dengan gadget yang kita punya yang terhubung sama jaringan internet, situs internet juga bisa dijadiin media penyebaran foto-foto atapun video yang berbau pornografi parah nya kalau anak dibawah umur yang mengakses situs tersebut, secara ga langsung mereka bakal dapet efek negatifnya dan masih banyak lagi efek negatif yang bisa ditimbulkan dari internet. Sebenernya efek negatif bisa dicegah atau diantisipasi, asalkan ada kesadaran dari diri masing-masing individunya sendiri.

Sumber :

http://stikom-pti2007-kelompok9.blogspot.com/2007/09/pengertian-internet.html?m=1

http://tiksite.blogspot.com/2011/12/pengertian-fungsi-atau-kegunaan-twitter.html?m=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s