OJK 2

Tugas 2 : Perencanaan, Penetapan, dan Pengorganisasian dalam Struktur Manajemen

1. Perencanaan
perencanaan
Sebagai perusahaan besar, PT.Jamu Sido Muncul pasti memiliki strategi pemasaran yang sangat baik. Bisa dilihat dari produk-produknya yang banyak di iklankan di media elektronik seperti televisi. Dengan strategi pemasaran menggunakan iklan di tv tersebut, PT.Jamu Sidomuncul dapat dengan mudah memasarkan produk-produknya sehingga hampir seluruh masyarakat indonesia tau akan produk dari PT.Jamu Sido Muncul. Selain dengan mengiklankan produk-produknya, PT. Jamu Sidomuncul juga telah membangun kawasan Argowisata dengan lahan seluas 1,5 hektar dari lahan 7 hektar kawasan yang dimiliki oleh pabrik PT. Jamu Sido Muncul, perusahaan tersebut memberikan akses yang seluas-luasnya pada masyarakat untuk melakukan kunjungan ke lingkungan pabrik. Hal tersebut juga menjadi salah satu daya tarik yang akan membuat masyarakat lebih mengetahui lagi mengenai produk-produk yang diluncurkan oleh PT. Jamu Sido Muncul.

2. Penetapan
penetapan
Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu perlu dibangun. Tujuan dan alasan tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk visi – misi. Setiap perusahaan pasti memiliki visi – misi yang berbeda-beda, visi-misi tersebut termasuk dalam komponen pertama perencanaan strategi . Berikut ini adalah visi dan misi dari PT. SIDOMUNCUL :
Visi: • Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.
Misi: • Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional
• Mengembangkan research / penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami
• Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.
• Ikut mendorong pemerintah / instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.
Dalam visi-misi tersebut jelas terlihat bahwa PT.Sidomuncul memiliki tujuan untuk menjadikan perusahaan nya sebagai sebuah industri yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungannya. Dan didukung oleh misi yang dapat mewujudkan visi yang ingin dicapai.

3. Pengorganisasian
ojk
OJK 2

Dari artikel diatas diketahui bahwa Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera sedang mengalami masalah dalam hal permodalan. Menurut OJK, jika tidak segera ada perbaikan dalam jangka panjang maka perusahaan ini bisa-bisa tidak dapat bertahan dan nantinya akan merugikan pemegang polis. Pada artikel tersebut disebutkan jika dalam bisnis Bumiputera, yang dianggap sebagai pemilik adalah pemegang polis. Yang berarti jika sewaktu-waktu terjadi gangguan modal maka semuanya diserahkan kepada pemegang polis itu sendiri. Tapi akan beda permasalahannya jika Bumiputera adalah sebuah perseroan terbatas (PT), jika terjadi permasalahan seperti di atas permasalahan tersebut bisa diserahkan ke pemegang saham. Oleh karena itu, OJK memberikan arahan kepada Bumiputera untuk segera melakukan perbaikan jangka panjang dan membutuhkan perputaran bisnis agar bisa cepat kembali pulih.

sumber :
http://sidomunculherb.blogspot.com/ (diakses pada 7 november 2014)
http://finance.detik.com/read/2013/09/30/163236/2373471/5/1/ojk-asuransi-bumiputera-tengah-bermasalah-perlu-perbaikan-segera (diakses pada 7 november 2014)
http://agustocom.blogspot.com/2010/11/strategi-pemasaran-pt-jamu-sido-muncul.html (diakses pada 7 november 2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s