Tugas 1

Pengertian Psikoterapi

Istilah psikoterapi berasal dari dua kata, yaitu psiko (kejiwaan) dan terapi (penyembuhan). Jika kedua suku kata tersebut digabungkan memiliki arti penyembuhan kejiwaan. Corsini (1989) mengungkapkan psikoterapi adalah suatu proses formal dan interaksi antara dua pihak yang memiliki tujuan untuk memperbaiki keadaan yang tidak menyenangkan (distress). Psikoterapi dilakukan oleh dua pihak yang saling berinteraksi. Satu orang menjadi orang memberikan pertolongan dan satu lagi sebagai orang yang diberikan pertolongan. Agar proses psikoterapi bisa dilakukan dengan baik dan tepat maka interaksi yang dilakukan harus menuju pada perubahan atau penyembuhan pada orang yang diberikan pertolongan. Seseorang yang memberikan terapi pada orang lain disebut sebagai terapis.

Tujuan Psikoterapi:
1. Tujuan psikoterapi dengan pendekatan Psikodinamik menurut Ivey, et al (1987) adalah : membuat sesuatu yang tidak sadar menjadi sesuatu yang disadari. Rekonstruksi kepribadiannya dilakukan terhadap kejadian-kejadian yang sudah lewat dan menyusun sintesis yang baru dari konflik-konflik yang lama.

2. Tujuan psikoterapi dengan pendekatam psikoanalisis menurut Corey (1991) dirumuslan sebagai : membuat sesuatu yag tidak sadar menjadi sesuatu yang disadari. Membantu klien dalam menghidupakan kembali pengalaman-pengalaman yang sudah lewat dan bekerja melalui konflik-konflik yang ditekan melalui pemahaman intelektual.

3. Tujuan psikoterapi dengan pendekatan Rogerian, terpusat pada peribadi, menurut Ivey, et al (1987) adalah : untuk memberikan jalan terhadap potensi yang dimiliki seseorang menemukan sendiri arahnya secara wajar dan menemukan dirinya sendiri yang nyata atau yang ideal dan mengeksplorasi emosi yang majemuk serta memberi jalan bagi pertumbuhan dirinya yang unik.

4. Tujuan psikoterapi dengan pendekatan behavioristik, dijelaskan oleh Ivey, et al (1987) sebagai berikut : untuk menghilangkan kesalah dalam belajar dan berperilaku dan untuk mengganti dengan pola-pola perilaku yang lebih bisa menyesuaikan. Arah perubahan perilaku yang khusus dilakukan oleh klien. Corey (1991) menjelaskan mengenai hal ini sebagai berikut : Terapi perilaku bertujuan secara umum untuk menghilangkan perilaku yang malasuai (mal adaptive) dan lebih banyak mempelajari perilaku yang efektif.

5. Tujuan psikoterapi dengan metode dan teknik Gestalt, dirumuskan oleh Corey, et al (1987) sebagai berikut : Agar seseorang lebih menyadari mengenai kehidupannya dan bertanggung jawab terhadap arah kehidupan seseorang. Corey (1991) merumuskan tujuan Gestalt sebagai berikut : membantu klien memperoleh pemahaman mengenai saat-saat dari pengalamannya. unutk merangsangya meneriama tanggung jawab dari dorongan yang ada di dunia dalamnya yang bertentangan dengan ketergantungannya terhadap dorongan-dorongan dari dunia luar.

Unsur – Unsur dalam Terapi:
Menurut Masserman ada 8 parameter pengaruh dasar yang mencangkup unsur-unsur lazim pada semua jenis psikoterapi, yaitu:
a. Peran social
b. Hubungan (Persekutuan tarapeutik)
c. Hak
d. Retrospeksi
e. Reduksi
f. Rehabilitisi, memperbaiki gangguan perilaku berat
g. Resosialisasi
h. Rekapitulasi

Referensi :
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=127232&val=970 (diakses pada 17 Maret 2015, 13:44)
http://galih-indra-tillah.blogspot.com/2013/03/tugas-psikoterapi_7513.html (diakses pada 17 Maret 2015, 14.40)
http://repastrepost.blogspot.com/2014/04/psikoterapi.html (diakses pada 17 Maret 2015, 14:27)
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&ved=0CDYQFjAD&url=http%3A%2F%2Fsrini.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F13996%2Ftespengantr-fix.doc&ei=788HVZqvFMy9ugS6h4GYDw&usg=AFQjCNFXJjp23sIXhGI3V093o0qFDc-WIg (diakses pada 17 Maret 2015, 13:58)
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&ved=0CCUQFjABOAo&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F20899393%2F125933547%2Fname%2FPsikoterapi.doc&ei=zNMHVbfKMomUuATb6oHgDA&usg=AFQjCNExih8fJQkIWWpEQh0oodRDtCCqrA (diakses pada 17 Maret 2015, 14.15)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s