MBTI

Sistem Informasi Psikologi

gundar-logoPada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai pengertian  Sistem Informasi, Sistem Informasi Psikologi, Arsitektur Komputer, Struktur kognisi manusia, keterkaitan antara struktur kognisi manusia dengan arsitektur komputer, dan penjelasan mengenai kelebihan dan kelemahan arsitektur komputer jika dibandingan dengan struktur kognisi manusia. Selamat membaca🙂

  1. Pengertian Sistem Informasi

Erwan Arbie, Sistem informasi merupakan sebuah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan proses pengolahan transaksi harian, membantu & mendukung seluruh kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi & membantu memperlancar penyediaan laporan yang dibutuhkan.

Menurut Mc leod, Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan mengelompokkan berbagai informasi dari semua sumber dan memakai berbagai media untuk menampilkan sebuah informasi.

Tata Sutabri, S.Kom. MM. Sistem Informasi merupakan suatu sistem yang berada didalam sebuah organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang sifatnya manajerial didalam kegiatan strategi dari sebuah organisasi agar bisa menyediakan kepada pihak-pihak tertentu diluar dengan bermacam-macam laporan yang dibutuhkan.

O’Brien, sistem informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang (people), perangkat keras (hardware). perangkat lunak (software), jaringan komputer dan komunikasi maupun basis data (database) yang mengumpulkan, merubah & menyebarkan sebuah informasi dalam suatu bentuk organisasi.

  1. Pengertian sistem informasi psikologi

Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi == input – proses – output, sedangkan Psikologi menurut Sartain (dalam Basuki, 2008) psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa, ditinjau dari segi ilmu bahasa kata psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi sistem informasi psikologi adalah sistem yang digunakan untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan psikologi dan memberikan manfaat bagi penggunanya. Contoh penggunaan sistem informasi psikologi adalah Alat Tes Kepribadian MBTI secara Online. Dibawah ini terdapat contoh dari tampilan alat tes psikologi MBTI secara online:

MBTI 1

MBTI

  1. Pengertian arsitektur komputer

Arsitektur komputer adalah ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.

  1. Pengertian kognisi manusia

Ausabel mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan.Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

  1. Keterkaitan antara Struktur Kognisi Manusia dengan Arsitektur Komputer.

Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur komputer, dimana struktur manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian -bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan, Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara p engaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

  1. Kelebihan dan kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan dengan Struktur Koginisi.

Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi yaitu

Kelebihan :

Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar. mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.

Kekurangan :

Membutuhkan waktu yang cukup lama

Kelebihan dan kekurangan dari arsitektur komputer Mainframe yaitu

Kelebihan:

  1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
  2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
  3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
  4. Menggunakan teknologi time sharring.

Sumber:

adrianti.staff.gunadarma.ac.id/ (diakses pada 22 oktober 2015)

Basuki, H. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma

http://desyambarl.blogspot.co.id/2013/10/tugas-2-arsitektur-komputer-struktur.html (diakses pada 22 oktober 2015)

http://faradinalwp.blogspot.co.id/2014/10/arsitektur-komputer-dan-struktur.html (diakses pada 22 oktober 2015)

http://ibadurahman-robbani.blogspot.co.id/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html (diakses pada 22 oktober 2015)

http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/9-pengertian-sistem-informasi-menurut.html (diakses pada 22 oktober 2015)

http://www.si-pedia.com/2014/03/tes-kepribadian-mbti-online-gratis-bahasa-indonesia.html (diakses pada 22 oktober 2015)

http://www.si-pedia.com/2014/03/tes-kepribadian-mbti-online-gratis-bahasa-indonesia.html (diakses pada 22 oktober 2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s